3 Hal Penghambat Karir Wanita Yang Patut Diwaspadai

Photo by Croissant on Unsplash

Sebagai wanita yang bekerja, kamu pasti pernah merasakan susahnya menaiki tangga korporasi hanya karena masalah gender. Bukan berarti pria tidak menghadapi tantangan ya, namun jalan wanita untuk sampai ke posisi atas memang lebih berliku daripada pria.

Pernah dengar istilah glass ceiling?

Glass ceiling ini adalah sebuah fenomena atap tembus pandang yang berperan sebagai hambatan tidak terlihat untuk mencapai tingkat lebih atas. Fenomena ini banyak dialami wanita di tempat kerja.

Hambatan tak terlihat itu bernama gender.

3 Hal Penghambat Karir Wanita

Nah, hambatan apa saja yang biasa dialami wanita karir ditempat kerja?

Lewat artikel ini kamu akan menyadari bahwa ada setidaknya 3 hal penghambat karir wanita di pekerjaan.

1. Kesempatan Promosi yang Lebih Lambat

Studi menunjukkan bahwa perbandingan kesempatan promosi wanita dan pria adalah 1:2.

Sebagai contoh, pada promosi pertama bagi karyawan pemula, posisi strategis cenderung diberikan pada pria.

Misal, ada dua karyawan dengan masa kerja sama dan kompetensi yang sama maka promosi ke posisi akuntan dipegang karyawan wanita, sementara posisi manajer keuangan diberikan ke pekerja pria.

Kesempatan promosi yang lebih mengutamakan pria bisa jadi dikarenakan organisasi lebih berorientasi pada pekerja pria. Akibatnya, secara tidak sadar kantormu menerapkan bias gender dalam penempatan posisi karyawan.

Harvey Nash dalam studinya tahun 2013 menyebutkan bahwa dominasi pria dalam organisasi menjadi hambatan utama bagi perkembangan karir wanita.

2. Sulitnya Mendapat Sponsor

Wanita cenderung lebih mudah mendapatkan mentor daripada sponsor.

Sekedar informasi, mentor di dunia pekerjaan adalah senior yang secara informal membagikan ilmunya ke kamu dan membimbing tentang seluk beluk pekerjaan. Sedangkan sponsor adalah orang dengan posisi signifikan yang akan mengusulkan nama kamu ke atasan lebih tinggi kalau ada peluang promosi.

Riset yang dilakukan Harvard Business School (2010) menelorkan hasil kalau wanita itu over mentor tetapi kurang disponsori jika dibandingkan sejawat pria. Padahal tanpa sponsor yang tepat, wanita jarang sekali dianggap setara untuk peningkatan karir.

Ternyata kesetaraan masih perlu diperjuangkan guys!

3. Konflik Peran

Konflik peran sebagai wanita bekerja dan sebagai ibu rumah tangga acapkali menjadi sandungan bagi perkembangan karir wanita. Terutama di Indonesia, dimana wanita lebih diharapkan menjadi pengurus rumah yang baik ketimbang sukses di pekerjaan.

Bain & Co (2010) menemukan bahwa 77% pria menganggap bahwa pasangannya akan berkompromi soal karir demi kepentingan keluarga, sementara hanya 45% wanita yang berpikir demikian.

Ini menunjukkan ekspektasi mengorbankan pekerjaan demi keluarga jatuh lebih berat ke pundak wanita daripada pria.

Studi yang sama juga menunjukkan kalau wanita memiliki kecenderungan dua kali lipat untuk memilih karir yang fleksibel dan absen dari pekerjaan. Selain itu juga ada kecenderungan tiga kali lipat untuk lebih memilih pekerjaan paruh waktu.

Dengan pilihan-pilihan yang dibuat, tentunya wanita sulit menjadi kandidat utama promosi. Karena kecil kemungkinan promosi didapat oleh pekerja yang bekerja paruh waktu dan tidak terlihat berdedikasi penuh ke pekerjaan.

Itu tadi 3 hal penghambat karir wanita yang patut kamu waspadai dalam proses membangun karir.

Wanita bisa berupaya mendobrak glass ceiling, salah satunya dengan lebih komunikatif ke atasan untuk menyampaikan rencana perkembangan karir.

Selain itu, jika posisi kamu sudah di atas kamu bisa mendobrak kultur perusahaan dengan lebih banyak mensponsori wanita lain menaiki tangga korporasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: