Cara Melakukan Self Talk Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Cara Melakukan Self Talk Positif
Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Self talk adalah suara – suara yang kita ucapakan kepada diri sendiri di dalam hati. Walupun tidak terucap, tapi sama dengan kata-kata yang terucap, self talk punya kekuatan yang besar ke diri kita.

Dampaknya positif atau negatif, tergantung bagaimana kita berbicara ke diri sendiri. Kalau yang kita lakukan adalah self talk positif maka sifatnya akan memberdayakan, namun jika kita tenggelam dalam self talk negatif, depresi menjadi salah satu risiko yang harus kita hadapi.

Artikel ini akan mengupas apa itu self talk, dampak self talk negatif, dan bagaimana cara melakukan self talk positif.Keep reading!

Self Talk Itu Apa?

Kalau menurut Lev Vygotsky, Self talk pada dasarnya merupakan internalisasi dari suara-suara eksternal yang kita dengar.

Di tahun 1990-an para ahli saraf menemukan kalau bagian otak seperti area broca yang aktif saat kita berbicara biasa juga aktif saat kita melakukan percakapan dengan diri sendiri.

Masih menurut Vygotsky, ahli perkembangan ini berpendapat kalau percakapan dengan diri sendiri merupakan motor dari proses belajar. Karena pada dasarnya bercakap-cakap dengan diri sendiri adalah proses mengungkapkan ide dan bisa dianggap sebagai aktivitas diskusi.

Dengan kata lain, self talk bukan sekedar suara di kepala kita, tapi ia juga memiliki beberapa fungsi bagi diri. Beberapa fungsi self talk adalah:

Regulasi Diri

Self talk bisa digunakan untuk mengatur motivasi, dan mencegah kita melakukan hal-hal yang dianggap akan berdampak negatif pada diri. Karena itu sangat penting untuk selalu menggunakan self talk kita secara sadar.

Salah satu cara merawat self talk untuk regulasi diri adalah dengan merawat kesadaran kita melalui latihan mindfulness

Evaluasi Diri

Saat kita melakukan refleksi diri, mengkritik diri sendiri, atau bahkan berseru dalam hati “Yes, saya berhasil menyelesaikan tugas A”, sebenarnya kita sedang melakukan self talk dalam rangka evaluasi diri.

Memberikan Instruksi ke Diri Sendiri

Biasanya ini kita lakukan saat kita sedang dalam proses mengerjakan sesuatu. Self talk mengarahkan kita ke langkah demi langkah untuk menyelesaikan hal yang sedang kita kerjakan.

Bahaya Self Talk Negatif

Self talk yang paling perlu kita waspadai adalah self talk tentang evaluasi diri. Bukan tanpa alasan, tapi karena manusia punya kecenderungan untuk menaruh perhatian lebih pada hal-hal negatif daripada hal positif.

Kecenderungan ini tadinya merupakan cara bertahan hidup nenek moyang kita untuk mengantisipasi potensi bahaya. Manusia lebih peka terhadap hal yang dipersepsikan negatif untuk menghindari dimangsa binatang buas atau bencana.

Seiring dengan berubahnya zaman, walaupun bahaya-bahaya tidak lagi seekstrem dimangsa harimau liar, tapi otak kita masih terprogram dengan cara yang sama.  

Akibatnya, manusia lebih mudah mengingat hal-hal negatif saat melakukan evaluasi diri. Kalau tidak dikendalikan, kecenderungan ini akan berujung pada kritik diri berlebihan.

Self talk negatif yang mendiskreditkan diri sendiri dialami oleh orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan atau depresi. Disini self talk yang mereka alami menghujat dan terus-terusan mengkritik diri sampai mereka merasa tidak berharga lagi. Perasaan tidak berharga ini yang akan menjebloskan seseorang dalam lubang depresi.

Di tingkatan yang belum terlalu parah, self talk negatif dapat berpengaruh pada kepercayaan diri kita dan mengakibatkan perasaan rendah diri.

Cara Melakukan Self talk Positif

Untuk menghindari dampak-dampak dari self talk negatif yang merusak, kita perlu untuk displin melatih self talk agar bisa tetap positif dan tidak bersifat menghancurkan.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk melakukan self talk positif

Beri Perhatian Pada Apa yang Kamu Katakan ke Diri Sendiri

  • Selalu beri perhatian atas apa yang kamu katakan ke dirimu sendiri.
  • Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah itu jenis self talk negatif atau positif.
  • Tulis di jurnal harianmu apa yang terjadi hari itu, dan apa yang self talk mu katakan tentang kejadian hari itu.

Tantang Self Talk-mu

  • Selalu tanyakan ke dirimu sendiri apakah ada bukti yang mendukung self talk-mu.
  • Bayangkan seandainya temanmu yang menagalami kejadian yang kamu alami, apa yang akan kamu katakan padanya?
  • Bertanya ke diri sendiri, apa ada yang kamu bisa lakukan untuk mengubah keadaan buruk atau emosimu yang sedang negatif.

Ubah Self talk-mu

  • Agar kamu lebih fokus pada hal-hal yang positif, buatlah daftar tentang hal-hal positif yang kamu miliki.
  • Ubah narasi  self talk mu. Daripada mengatakan “aku payah”, lebih baik berkata “apa yang bisa aku lakukan untuk mendapatkan promosi berikutnya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: