Review Abunawas Restaurant Matraman

Awal minggu ini saat lagi ngerencanain pre-birthday dinner buat adik ipar, Papa ngasih ide buat makan di Abunawas Restaurant.  Papa emang lagi kepingin makan makanan timur tengah, sekalian karena ini pre-birthday dinner jadi milih restaurant yang sedikit nggak biasa. Besoknya saya langsung telepon Abunawas Restaurant Matraman buat reservasi tempat. Abunawas Restaurant ini punya dua outlet di Jakarta, satu di Matraman satu lagi di Kemang, kami pilih Matraman karena lebih dekat dari rumah. Buat reservasinya adik saya kasih saran untuk pesan ruang yang lesehan privat,biar keponakan saya yang baru bisa jalan bisa lebih bebas mondar mandir di ruangannya.

Sofa lesehannya bisa digeser buat nutupin stop kontak biar aman

Jadi tempat makan lesehannya tuh ada dua macam. Ada yang lesehan terbuka gitu, bentuknya gazebo dalam ruangan mirip di rumah makan sunda cuma desainnya timur tengah dan ada yang privat. Yang privat bentuk ruangannya bersekat dinding terus ada tirai penutupnya. Di dalam ruangan ini dipasang karpet jadi nanti tamu akan duduk lesehan dan cuma ada satu meja sudut buat meletakkan menu dan satu sofa lesehan yang ada bantal lengannya, berasa raja minyak deh kalau duduk di situ. Emang pas sih kami pesan ruangan ini, karena cukup lega dan privat. Keponakan saya bisa eksplorasi ruangan walaupun di ujung-ujung minta keluar juga sih, tapi lumayan lah bapak ibunya udah sempat makan.

Langit-langit di ruang lesehan privat

Saya datang duluan karena habis ada acara di Bintaro. Sambil nunggu Papa dan adik-adik, ,saya pesan makanan pembuka, makanan pembuka yang saya pesan :

Hummus (Rp 42.000)

Pesanan hummus sudah sepaket dengan dua buah khobus sebagai pencocol. Hummusnya menurut saya oke karena rasa kacangnya tidak terlalu pekat dan terasa ringan buat dimakan banyak. Pencernaan saya suka rewel kalau makan hummus yang terlalu pekat kacangnya jadi tidak bisa makan banyak. Cara penyajiannya,olive oil di hummus tidak diaduk dan dibuat terpisah di tengah mangkuk, jadi kita bisa menentukan sendiri kadar minyak (halah) di hummus sesuai selera.

Khobus (Rp 12.000)

Di menunya ditulis kalau ini roti khas Libanon namun Khobus juga biasa disebut roti Arab atau Roti Pita. Khobus Abunawas Restaurant ini gurih dan empuk, Saya pesan satu lagi khobus tambahan dari khobus free yang sudah termasuk di menu hummus.

Makanan pembukanya sudah, setelah semua personil datang sekarang tinggal pesan menu utamanya. Kami pesan menu yang bisa dimakan rame-rame, dan pilihan jatuh ke :

Quarter Lamb Package  [Mandi/Biryani/Zurbiyan/Kibdah with special sauce/salat/sambosa ](Rp675.000)

Menu ini menu sharing untuk berlima atau berenam, jadi sepiring besar nasi  yang bisa dipilih antara Mandi, Biryani atau Zurbiyan dan seperempat bagian kambing. Asiknya lagi pilihan ini bisa dimodifikasi, kami minta nasinya gabungan antara Mandi dan Biryani, dagingnya juga bisa minta dua potong ayam dan empat potong kambing.

Sepiring Besar Mandi dan Biryani

Menurut saya biryani dan mandhi nya kurang nendang rempah dan aromanya, karena biasanya perut saya bisa keroncongan cuma dari mencium aroma biryani. Yang istimewa menurut saya adalah potongan daging kambing dan ayamnya, dua-duanya dimasak sampai empuk sekali. Terutama daging kambingnya, serat di daging sampai tidak terasa, aroma kambingnya juga sudah hilang sama sekali.
Oiya sebagai pelengkap, paket ini juga disajikan bareng dengan sambosa dan saladnya. Sambosanya disajikan hangat, isinya daging, dan kulit sambosanya juga renyah

lobby

Secara keseluruhan Abunawas Restaurant ini Restoran yang sangat family friendly, terbukti kebanyakan pengunjung di wiken ini adalah keluarga. Menu-menu yang ada juga menu yang bisa dimakan rame-rame, kayak menu paket yang kami pesan. Oiya kita juga bisa liat menu Abunawas Restaurant di websitenya. Enak sih bisa lihat menu duluan  sebelum ajak keluarga makan di sana biar bisa rencanain menu yang kita mau, terutama kalau datengnya nggak bisa bareng kayak keluarga saya. Nah, makan makanan timur tengah di Jakarta nggak susah kan carinya, salah satunya ya Abunawas Restaurant ini, yang bisa bikin kamu nikmatin pengalaman kuliner timur tengah tanpa harus ke timur tengah beneran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: